SELAMAT DATANG

Selamat Datang di Blog ini, kami membuat id card murah dan gantungan kunci pake foto murah. silahkan order yach...

Senin, 28 Februari 2011

PEMBANGUNAN KESEHATAN INDONESIA

 PEMBANGUNAN KESEHATAN INDONESIA
Kesehatan merupakan tanggung jawab bersama dari setiap individu, masyarakat, pemerintah dan swasta. Adapun peran yang dimainkan Pemerintah Republik Indonesia, tanpa kesadaran individu dan masyarakat untuk menjaga kesehatan mereka secara mandiri, hanya sedikit yang akan dapat dicapai.

Perilaku yang sehat dan kemampuan masyarakat untuk memilih dan mendapatkan pelayanan kesehatan yang bermutu sangat menentukan keberhasilan pembangunan kesehatan Indonesia.

Dalam rangka pembangunan Kesehatan indonesia, pada tahun 1999 Pemerintah Republik Indonesia mencanangkan visi yang direfleksikan dengan motto yang berbunyi Indonesia Sehat 2010.

Tahun 2010 dipilih dengan pertimbangan bahwa satu dasawarsa merupakan waktu yang cukup untuk mencapai suatu cita cita, sehingga dianggap cukup menantang, dan inspiratif tetapi masih realistis.

Pada tahun itu diharapkan bangsa Indonesia akan mencapai tingkat kesehatan tertentu dimana masyarakat hidup dalam lingkungan yang sehat, mempraktikkan perilaku hidup bersih dan sehat, memiliki kemampuan menyediakan dan memanfaatkan (menjangkau) pelayanan kesehatan Indonesia yang bermutu, sehingga memiliki derajat kesehatan yang tinggi.

Tidak terasa sepuluh tahun pun berlalu sudahkah kita bisa meningkatkan derajat kesehatan Indonesia? Banyak pihak yang menyatakan bahwa pencanangan Indonesia Sehat 2010 ini gagal. Tapi apakah Indonesia sehat 2010 benar benar sepenuhnya gagal?

Secara garis besar visi ini juga memberikan gambaran bertahap tentang pembangunan kesehatan Indonesia, yaitu : Desa sehat akan terwujud pada tahun 2003, Kecamatan sehat pada tahun 2004, Kabupaten sehat pada 2005, dan berturut-turut propinsi dan negara sehat pada tahun 2006 dan 2007.

Tanpa melihat indikator-indikator pencapaiannya, kita akan menyimpulkan bahwa visi Indonesia Sehat 2010 ini tidak tercapai.

Mengingat banyak program yang dilakukan, anggaran yang telah dikeluarkan serta kerja keras dari berbagai pihak dalam satu dasawarsa ini rasanya mustahil jika visi Indonesia Sehat 2010 tidak menghasilkan apa apa.

Beberapa negara sahabat mengakui sejumlah capaian Indonesia dalam mengatasi sejumlah penyakit seperti tingkat kematian ibu melahirkan berkurang 58% periode 1990-2007, sementara tingkat kematian bayi berkurang sekitar 50% pada periode yang sama, merupakan contoh nyata dalam kemajuan di bidang kesehatan Indonesia.

Kemajuan yang signifikan juga nampak dalam upaya Pemerintah Republik Indonesia mengurangi jumlah penderita Tuberculosis dan Malaria, serta HIV/AIDS yang telah menunjukkan persentase perbaikan yang signifikan di banding negara negara berkembang lainnya.

Indonesia sehat 2010 mungkin berawal dari cita cita milik pemerintah namun 2010 bukanlah suatu akhir. Tidaklah penting saling menyalahkan atau saling menunjuk siapa yang paling bertanggung jawab terhadap status kesehatan Indonesia.

Untuk mewujudkan sebuah visi untuk indonesia, bukan hanya diperlukan peran pemerintah tetapi juga masyarakat. Masyarakat tentunya akan terpacu turut berperan aktif jika mereka mengetahui dan mendapat informasi yang lengkap mengenai visi tersebut. Sehingga timbul komitmen bersama untuk mewujudkan misi tersebut.

Bagaimana pun masalah kesehatan Indonesia, tetaplah menjadi PR bersama yang harus dipecahkan bersama. Kita tentunya berharap bahwa Indonesia sehat 2010 bukanlah hanya sebuah slogan yang hilang dimakan waktu.

Tahun 2010 bukanlah tujuan akhir bisa jadi 2010 juga merupakan sebuah awal baru. Bukanlah tahun yang menjadi inti dari pembangunan kesehatan di Indonesia tetapi derajat kesehatan masyarakat yang setinggi tingginya itulah tujuan mulia yang tidak mustahil akan terwujud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan anda berkomentar, tapi yang sopan dan sifatnya membangun yaa...??